Blogger templates

Selasa, 20 Agustus 2013

jenis2 software untuk desain web


1. Aplikasi manajemen isi (Content Management Application, [CMA])
2. Aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).

Elemen CMA memungkinkan user untuk mengatur pembuatan, modifikasi, dan penghapusan isi dari suatu web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah untuk meng-updateweb tersebut.

CMS memisahkan isi dan desain sehingga konsistensi tampilan senantiasa terjaga dengan baik. Setiap bagian website dapat memiliki isi dan tampilan berbeda. CMS membuat fleksibel pengaturan alur kerja ‘work flow’ dan hak akses sehingga memperbesar kesempatan pengguna berpartisipasi dalam pengembangan website.
Model CMS
Ada dua model CMS, yaitu:
   1.  CMS Komersial
      CMS Komersial dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. CMS dan semua feature yang tersedia harus membeli lisensinya dari perusahaan pembuatnya.
   2. CMS Open Source
       CMS dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan dan tersedia gratis. CMS dapat dipergunakan tanpa batasan, dan memberikan hak akses kepada penggunanya akan kode pemrograman sehingga mudah mengembangkan dan memodifikasi.
Open source terbagi menjadi dua model, yaitu :
          * Open Source berbasis Komunitas
            Dikembangkan oleh sekelompok orang dan free secara keseluruhan.
          * Open Source Berbasis Dukungan Komersial
            Suatu perusahaan/organisasi menyediakan layanan profesional atau mendukung produk walaupun kodenya bersifat free, tetapi sistem dievaluasi seperti sistem komersial. Walaupun lisensinya gratis, sistemnya harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Macam-macam CMS
CMS Open Source terdiri dari banyak macam, yang paling populer diantaranya adalah WordPress, Jommla!, Mambo, Drupal. Software-software ini tentunya dapat didownload secara gratis.  Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software tersebut.

1. Joomla!

Joomla menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan karena kestabilannya juga fasilitas yang lengkap serta memiliki prospek pengembangan yang bagus karena didukung oleh banyak komunitas. Joomla dapat didownload di http://www.joomla.org.  pada Joomla, sedikit memerlukan setting dalam menaikkan SEO seperti menambah tags, merubah URL, sitemap dan ping. Joomla juga mempunyai desain theme yang banyak, bervariasi dan unik. Penginstallan plugin dan modul dapat dilakukan melalui menu administrator joomla. Component forum dari joomla yang dapat terintegrasi langsung dengan CMS joomla itu sendiri, sehingga antara forum dan blog dapat menyatu.

Joomla menawarkan sistem MVC sehingga user dengan sedikit kemampuan dapat menambahkan ataupun melakukan kostumisasi tanpa merubah bentuk asli dari script itu sendiri. Apa itu MVC? MVC atau Model View Controller merupakan suatu teknik implementasi script yang memisahkan antara design dan business logic.

Tetapi Joomla masih jauh dari sempurna. Joomla masih tidak sefleksibel rekannya, Drupal. Dengan melakukan banyak perubahan pada script Joomla yang sebenarnya kurang fleksibel, akan membuat sistem berjalan tidak dengan semestinya ataupun sistem berjalan sangat berat. Joomla mempunyai kekurangan untuk membuat banyak website dengan satu infrastruktur.

Kelebihan Joomla:

   1. Lebih familiar untuk user ( Designer, Developer dan Administrator)
   2. Komunitas yang besar dan selalu membantu untuk membangun modul modul yang bagus.
   3. Perkembangannya sangat cepat dan selalu mengembangkan diri 3 tahun terakhir.

Kekurangan Joomla:

   1. Masih kurang familiar bagi pengguna baru.
   2. Tidak sefleksibel Drupal.
   3. Tidak bisa membangun beberapa website dengan satu database dan admin page/backend.

2. WordPress

WordPress sering digunakan untuk membuat sebuah blog pribadi, tak hanya sebatas itu wordpress juga bisa di gunakan untuk membuat berbagai jenis website dengan design dan fitur yang menarik. Berbagai jenis design theme yang menarik dan unik serta komunitas yang aktif dan besar membuat WordPress menjadi salah satu CMS yang paling banyak digunakan.

WordPress sepertinya memang diciptakan untuk menghandle semua

aktifitas/keperluan blog seperti pinging, multiple profil blog, trackback, dan masih banyak lagi. Tetapi, banyak para developer ataupun programmer ataupun user yang mengeluh, karena default Plugin wordpress susah untuk di costumize. Bahkan sangat sangat sekali susah apabila mengambil resiko malah sering menyebabkan plugin sama sekali tidak bisa digunakan.

Tetapi WordPress bukanlah untuk semua jenis website. Terutama website yang membutuhkan fitur yang kompleks sehingga butuh untuk membuat plugin ataupun plugin custom yang sangat sulit untuk dibuat.

Apabila kita mencoba untuk mengubahnya, crash sering sekali terjadi setelahnya. Kenapa? Mungkin karena WordPress memang menyediakan fasilitas hanya seputar blog. Banyak para user komplain karena WordPress sangat sulit untuk dikembangkan lebih lanjut. Bahkan upgrade pun sangat susah di lakukan.

Kelebihan

   1. Sangat mudah untuk digunakan
   2. Tidak memerlukan modifikasi
   3. Sangat baik untuk blog
   4. Sangat user frienly

Kekurangan

   1. Bukan untuk developer
   2. Banyak komunitasnya melakukan komplain, sehingga komunitasnya kurang membangun
   3. Upgrade sering menimbulkan masalah baru. Akan lebih baik tidak melakukan upgrade

3. Drupal

Drupal sepertinya diperuntukkan untuk user yang menyukai pengcodingan, melakukan explorasi terhadap suatu script, ataupun gemar untuk melakukan costomize terhadap satu modul yang sudah jadi, maka drupal adalah untuk teman teman.

Drupal memang dibuat sedemikian rupa sehingga sangat fleksibel untuk pengembangan selanjutnya. Drupal menjelma menjadi salah satu
baik dibandingkan dengan CMS lain. Komunitas drupal sangat banyak, apabila ingin mengetahui suatu jawaban dari pertanyaan yang ingin ditanyakan, cukup gabung di Channel IRC drupal. Banyak sekali support-support yang diberikan oleh sesama developer dan dokumentasinya pun sangat lengkap dari cara membuat module, upgrade, migrasi dll.

Tentunya karena Drupal dibuat untuk memenuhi “Fleksibilitas” yang tinggi, sehingga mengorbankan sisi design. Sehingga theme Drupal kebanyakan adalah developer yang mengerti programming yang membuatnya dan sangat sedikit dibandingkan dengan Joomla maupun WordPress.


Kelebihan

   1. Sangat cocok untuk developer.
   2. Komunitas yang besar dan sangat membantu
   3. Dapat untuk membuat website dari yang sederhana hingga ke website yang sangat kompleks

Kekurangan

   1. Bukan CMS yang baik untuk dijadikan bahan pembelajaran membuat template pada CMS. Karena tidak “Designer Friendly”.
   2. Untuk melakukan setup pada server, memerlukan lebih banyak waktu dan pengetahuan dibandingkan dengan wordpress ataupun joomla. Oleh karena itu, uang yang dikeluarkan juga pastinya lebih banyak.


4. Mambo

Mambo adalah salah satu CMS yang paling powerful dan telah digunakan di seluruh dunia untuk keperluan website dari aplikasi yang paling sederhana sampai aplikasi yang paling kompleks. Mambo memiliki kemudahan dalam instalasi, mudah dikelola, dan memiliki kapasitas yang tinggi.

Kelebihan:

   1. kapasitas file instalasi tergolong paling kecil dengan kemampuan tergolong paling besar.
   2. memiliki control panel administrasi cukup sederhana
   3. cukup fleksibel dalam mengatur tampilan web.
   4. dapat berjalan di Windows dan Linux

Kekurangan:

   1. pluggin yang terbatas
   2. defaultnya tidak mendukung SEF.

Jadi Menurut Penelitian JOOMLA yang mendapat peringkat untung jenis Web, paling banyak digunakan, paling dinamis, dan mudah untuk di pahami, tampilan yang lebih menarik dan elegan. Untuk Blog Wordpress nih yang banyak di pakai para Designer dan pengguna yang lain. Mungkin Bloger/bogspot juga harusnya masuk peringkat yach, tapi hanya untuk yang pengen gratisan.Karena file kita semua numpang di server bloger. 

sumber.www.google.com

Jumat, 02 Agustus 2013

dasa-dasar stop-motion



Menguasai dasar animasi stop motion (bidang datar) 3 Presentation Transcript
  • 1. Memahami etimologimultimediaMendeskripsikan tentang multimedia
  • 2. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 2 Isikan Judul HalamanMacromedia FlashPada desember 1996, Macromedia berhasilmenciptakan software berbasis animasi vector dankemudian dirilis dengan nama Flash, yang berasaldari kata “Future” dan “Splash” dari namaperusahaan FutureWave.
  • 3. Teknologi Informasi dan  Software untukqKomunikasiHal.: 3 Isikan Judul HalamanMacromedia Flash membuat animasi yang biasanya digunakan untukberbagai keperluan di Internet. Misalnya, untuk membuat situs,banner iklan, logo yang  Flash dikembangkan dariqberanimasi, serta animasi pelengkaplainnya. suatu aplikasi yang bernama SmartSketch.SmartSketch sendiri merupakan aplikasi untuk menggambar yangdiluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh Macromedia.Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi menggambaryang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
  • 4. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 4 Isikan Judul HalamanMacromedia  Pada musim panas 1995, SmartSketch memperolehmasukan dariqFlash penggunanya agar SmartSketch dapatdigunakan untuk membuat animasi. FutureWave sangattertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuatanimasi. Namun FutureWave agak pesimis mengenaipemasarannya, karena pada saat itu animasi hanyadidistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
  • 5. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 5 Isikan  Kemudian World Wide Web mulaiqJudul HalamanMacromedia Flash mengembangkansayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital.Future Wave melihat kesempatan ini untuk memasarkanaplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi.Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga mampumenghasilkan animasi dengan menggunakanpemrograman Java sebagai player-nya. Namanya jugasedikit dimodifikasi menjadi Smart Sketch Animator.Namun, nama Smart Sketch Animator dirasakan kurangmenjual, sehingga nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagaiaplikasi pembuat kartun, Cel Animator diubah menjadiFutureSplash Animator.
  • 6. Teknologi qInformasi dan KomunikasiHal.: 6 Isikan Judul HalamanMacromedia Flash Walaupun dengan ide yang cukup revolusioner,FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu FutureWavemendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplashyang kurang memuaskan dengan lambatnya animasi,Adobe menolak  Baru pada November 1996, Macromediaqmemproduksi FutureSplash. mendekatiFutureWave untuk bekerja sama. FutureWave menyetujuitawaran Macromedia. Kemudian FutureSplash Animatordiubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
  • 7. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 7 Isikan Judul HalamanIstilah lain yang mungkin  Salah satu jenis program animasi vector yang dikembangkanØterkaitFlash  Nama dagangØolehperusahaan Macromedia Inc., untuk dig...   Flash Pix file format untuk menyimpan citra multi resolusi menjadisederetan  Teknologi FROM (programmableØrangkaian independen.   Flash EFROM Read-only Memory) yang dikembangkanoleh Intel dan dilisensikan pada se...
  • 8. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 8 Isikan Judul  KartuØHalamanIstilah lain yang mungkin terkait   Flash Cards penyimpanan citra yang ukuran dan tampilannya serupa dengan kartukredit.  Memory chip yang tetap bisaØDipakai untuk menyim...   Flash Memory menyimpan data meskipun power sudahdimatikan telah dimatikan. Flash mem...
  • 9. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 9 Isikan Judul HalamanAdobe FlashAdobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash)adalah salah satu perangkat lunak komputer yangmerupakan produk unggulan Adobe Systems.
  • 10. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 10 Isikan Judul HalamanAdobe FlashSebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia.Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromediamembeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versiterakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakannamaMacromedia‘ adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia danseluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubahmenjadi Adobe Flash.
  • 11. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 11 Isikan Judul HalamanKegunaan  Adobe Flash digunakan untuk membuat gambarvektor maupunqAdobe Flash  Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunakqanimasi gambar tersebut. inimempunyai file extension .swf dan dapat diputar dipenjelajah web yang  Flash menggunakan bahasaqtelah dipasangi Adobe FlashPlayer. pemrograman bernamaActionScript yang muncul pertama kalinya padaFlash 5.
  • 12. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 12 Isikan Judul  FutureSplashØHalamanRiwayat Flash mulai dari tahun1996 sampai sekarang Animator (April 10, 1996)Versi flash dengan tool editing dan timeline  MacromediaØdasarFutureSplash Animator diluncurkan pada10 April 1996. Flash 1 (November 1996)Versi ulang dari FutureSplash Animator. Dirilis  Macromedia Flash 2 (June 1997)Dirilis pada Juni 1997ØpadaNovember 1996 dengan Flash Player 2, termasuk fiturbaru, object library atau tempat penyimpanan objek yang diimport dari luar
  • 13. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 13 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai  Macromedia Flash 3 (May 31,Ødari tahun1996 sampai sekarang 1998)Dirilis pada 31 Mei 1998 dengan Flash Player 3, termasukfitur-fitur baru, seperti: movieklip elemen, JavaScript plug-interintegrasi,  Macromedia Flash 4 (June 15, 1999)Dirilis pada 15 JuniØtransparansi. 1999 dengan Flash Player 4, fitur barutermasuk: variable internal, sebuah field input, ActionScriptyagn lebih maju, dan streaming MP3.
  • 14. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 14 Isikan Judul HalamanRiwayat  Macromedia Flash 5 (AugustØFlash mulai dari tahun 1996sampai sekarang 24, 2000)Dirilis pada 24 Agustus 2000 dengan Flash Player 5, fitur-fitur barutermasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, sehingga sangatmirip dengan JavaScript di sintaks), XML support, Smartclips (pendahuluuntuk komponen dalam Flash), HTML tambahan format untuk  Macromedia Flash MX (as version 6, releasedØteksdinamis (dynamic text) on March 15, 2002)Dirilis pada 15 maret 2002 sebagai macromedia Flash versi 6, dengan FlashPlayer 6, termasuk fitur baru seperti: Video codec, Unicode , UIComponents , compression , ActionScript vector drawing APIMacromedia Flash MX.
  • 15. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 15 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari  Macromedia Flash MX 2004 (as version 7,Øtahun1996 sampai sekarang released September 9, 2003)Dirilis pada 9 September 2003 sebagai macromedia Flash versi 7, dengan FlahPlayer 7, termasuk fitur baru seperti: Actionscript 2.0 (yang memungkinkan sebuahpemrograman yang berorientasi objek model untuk Flash) (meskipun itu kurangdalam fungsi membantu script versi lainnya, berarti Actionscript hanya bisamengetik secara manual), perluasan layer (JSAPI), alias text support, timelineeffects. Macromedia Flash MX Professional 2004 termasuk semua fitur Flash MX2004, ditambah: Screens (bentuk-bentuk non-linear berdasar dasar program yangberkembang dan slide untuk mengatur konten dalam format slide linear sepertiPowerPoint ), web services integration, video import wizard, komponen MediaPlayback (yang merangkum MP3 dan atau FLV player di sebuah komponen yangdapat ditempatkan dalam sebuah SWF), Data components (DataSet,XMLConnector, WebServicesConnector, XUpdateResolver, etc) and data bindingAPIs, the Project Panel, v2 UI components, and Transition class libraries.
  • 16. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 16 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari  Macromedia Flash Basic 8 (13 SeptemberØtahun1996 sampai sekarang 2005)Versi sedikit fitur kaya versi dari perangkat authoringFlash menargetkan user baru yang hanya inginmenggambar, animasi dan interaktif secarasederhana. Dirilis dengan Flash Player 8, produk versiini memiliki support untuk video, grafik tingkatadvance dan efek animasi yang terbatas.
  • 17. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 17 ØIsikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari tahun1996 sampai sekarang Macromedia Flash Professional 8 (13 September 2005)Dirilis dengan Flash Player 8, Flash Professional 8menambahkan fitur yang fokus pada ekspresi, kualitas, videodan mobile authoring. Fitur baru termasuk filters dan blendmodes, easing control untuk animasi, penambahan propertistrokes (caps dan joins), object-based drawing mode, run-time bitmap caching, FlashType advanced anti-aliasing untukteks, On2 VP6 advanced video codec, support untuk alphatransparency di video, stand-alone encoder dan advancedvideo importer, cue point support di file FLV, advanced videoplayback component, dan interactive mobile device emulator.
  • 18. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 18 ØIsikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari tahun1996 sampai sekarang Adobe Flash CS3 Professional (as version 9, released on April16, 2007)Flash CS3 merupakan versi pertama flash yang dirilis dibawahnama Adobe. Sebagai versi 9 dari flash sebelumnya dirilis padatanggal 16 April 2007. Fitur CS3 dukungan penuh untukActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk dikonversimenjadi ActionScript, penambahan integrasi lebih baikmenambahkan dengan produk Adobe lainnya seperti AdobePhotoshop, dan juga menyediakan gambar Vector yang lebih baik,menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks.
  • 19. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 19 Isikan Judul HalamanRiwayat  Adobe Flash CS4 ProfessionalØFlash mulai dari tahun1996 sampai sekarang (as version 10, released onOctober 15, 2008)Dirilis pada 15 oktober 2008 sebagai versi 10 pada flashsebelumnya, memiliki fitur baru diantaranya: dasar manipulasianimasi 3 dimensi, objek berbasis animasi, penyempurnaan text,dan perkembangan lebih lanjut untuk ActionScript 3.0. Flash CS4 inimemungkinkan pengembang untuk lebih efisien dan cepatmembuat animasi dengan banyak peningkatan fitur yang  Adobe Flash CS5 Professional (asØtidakdisertakan dalam versi sebelumnya version 11, to be released inspring of 2010, codenamed “Viper”)Sebagai versi 11, yang akan dirilis pada musim semi tahun 2010,dengan nama kode “Viper” ini Berisi format teks yang lebihditingkatkan, editor kode yang diperbaiki, dan yang lebih extensible.
  • 20. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 20 Isikan Judul HalamanFitur–Fitur Adobe Flash
  • 21. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 21 Isikan Judul HalamanHasil penelusuran gambaruntukFuture Splash Animator
  • 22. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 22 Isikan Judul HalamanHasil penelusuran gambaruntuk flash 1
  • 23. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 23 Isikan Judul HalamanMacromedia Flash MXMacromedia Flash MX merupakan program grafisyang diperuntukan untuk motion/gerak dan dilengkapidengan script untuk programming (actionscript) denganprogram ini memungkinkan pembuatan animasi, mediainteraktif, game, dsb Makromedia sangat bagus untukmembuat animasi yang dilengkapi dengan editor scripprogram, sehingga memungkinkananda mengembangkananimasi menjadi sebuah program, seperti game,presentase ataupun program periklanan dengan animasi.
  • 24. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 24 Isikan Judul HalamanFungsi Uled dan AdobeUled dan adobe juga memiliki fungsi yang hampir sama.Bisa untuk edit foto/gambar dengan kwalitas tinggi.Hasil dari editan itu bisa dibuat animasi denganmenggunakan uled animator atau adobe image ready ataubisa langsung dikirim ke flas.
  • 25. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 25 Isikan Judul HalamanFitur-Fitur Adobe Flash MX 2004
  • 26. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 26 Isikan Judul HalamanAdobe Flash CS4 For MultimediaAplicationSuatu konsekuensi logisdari kemajuan di bidangteknologi informasi adalahterciptanya kemajuan bidangusaha dan para pelakuusaha. Product Details...
  • 27. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 27 Isikan Judul HalamanAdobe Flash CS 3Sekarang Actionscript sudah mencapai versi 3,dan dikenal dengan nama Actionscript 3.0. Perbedaanantara tiap versi bisa dikategorikan cukup drastis,terutama perbedaan antara Actionscript 2.0 sama 3.0.Versi 3.0 ini dikatakan Full OOP.
  • 28. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 28 Isikan Judul HalamanDefinisiMenurut definisi dari Adobe, Actionscript adalah bahasa scriptpada flash yang berfungsi untuk membuat aplikasi flash yang dapatberjalan secara nonlinear dan memiliki fungsi-fungsi complex.Defenisi awamnya : Actionscript itu bahasa script tambahanuntuk memodifikasi Aplikasi Flash kita agar dapat berjalan secaradinamik, dapat berubah sesuai dengan interaksi antara si Flash danpengguna (user).
  • 29. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 29 Isikan Judul HalamanTampilan Adobe Flash CS 3Tampilan Adobe Flash CS 3 Eye Catching abis.. Dibanding Flash 8,tampilan ini cukup meringankan beban otak kita yang tersibukmikir cara agar aplikasi flash kita nggak error.Di Adobe Flash CS 3 kita diberikan 2 pilihan dalam membuatAplikasi : kita dapat menggunakan Actionscript 2.0 (AS2) ataumenggunakan Actionscript 3.0 (AS3). Yups bebass.. Tapi akan lebihbaik untuk memilih menggunakan AS3 walau pun untuk beberpaorang, konsep OOP pada AS3 akan cenderung memusingkan.Namun disamping itu, pada AS3 ini terdapat fungsi-fungsi yanglebih lengkap dalam penanganan event dan komunikasi antaraclient dengan browser.
  • 30. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.: 30 Isikan Judul HalamanMembuat Efek Blur dengan AdobeFlash CS31. Aktifkan Adobe Flash CS32. Pilih Flash Document3. Buat Tulisan dengan Text Tool seperti gambar berikut :4. Klick Menu Insert – Timeline Effects - Blur
  •  

Menguasai Dasar Animasi Stop-Motion

PENGERTIAN ESTETIKA
Estetika berasal dari kata Yunani aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste.
Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli, terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan, seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi.
Ilmu estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari segala sesu-atu yang berkaitan dengan keindah-an, mempelajari semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.
Alasan Orang Ingin mengenal Estetika
·         Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri.
·         Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk ke-lompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain khususnya animasi itu mesti dipelajari.
·         Ketiga, mungkin dikira bahwa pe-ngalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuh-kan pengujian dan penelitian menge-nai kualitaskualitas karya seni dan desain itu.
Ada dua teori tentang keindahan, yaitu :
v  Subjektif
v  obyektif,
Keindahan subjektif ialah keindahan yang ada pada mata yang memandang.
Keindahan objektif me-nempatkan keindahan pada benda yang dilihat.
Karakter  animator yang sukses adalah :   
    • Mempunyai kecakapan teknis.
    • Mengerti akan sifat bahan
    • Mengerti akan kebutuhan orang banyak
    • Selalu ingin tahu
    • Ketajaman melihat
    • Inisiatif
    • Senang dan cakap
    • Kepercayaan
    • Kejujuran
    • Memperhatikan resiko dan mem-pertanggung-jawabkan karyanya
    • Mengumpulkan data
    • Tekun dan mengerti maksud tu-juannya.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan animasi, antara lain:
  1. Syarat-syarat yang ditentukan dalam penyatuan (animator, produksi, dan pemasaran)
  2. Kecocokan adanya prinsip ilmu pengetahuan dengan teknik komputer dan peralatan/mesin produksi
  3. Sesuai dengan lingkungan (masyarakat setempat) atau pada segmen tertentu.
  4. Kecocokan sifat animasi dari satu bagian dengan bagian lain
  5. Kemungkinan hasil animasi dan cara pemecahannya.
Estetika Verbal
Estetika verbal adalah kualitas estetik yang lahir karena adanya penggabungan antara berbagai batasan atau alternatif dan kriteria perencanaan secara verbal. Estetik verbal berbeda dengan estetik visual.
Bila estetik visual, keindahan didapat dari sisi luar yang mengarah ke komposisi, sedangkan estetik verbal merupakan keindahan dari dalam yang mengarah arti di balik tampilan karya atau symbol atau lambang yang melekat pada sisi visual
Estetika Verbal
Estetika verbal adalah kualitas estetik yang lahir karena adanya pengga-bungan antara berbagai batasan atau alternatif dan kriteria perencanaan secara verbal. Estetik verbal berbeda dengan estetik visual.
Bila estetik visual, keindahan didapat dari sisi luar yang mengarah ke komposisi, sedangkan estetik verbal merupakan keindahan dari dalam yang mengarah arti di balik tampilan karya atau symbol atau lambang yang melekat pada sisi visual
Karya Animasi harus memeliki estetika, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya :
  1. Kesatuan
  2. Keteraturan
  3. Keragaman
  4. Komunikatif
Estetika Teknologi
Estetika Teknologi adalah kualitas estetik yang diciptakan melalui proses teknologi yang menekankan pada pelaksanaan jalannya teknologi (mesin).
Setelah animasi menjadi karya jadi (film), maka nilai estetika berubah dan menyatu pada karya, yang dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok nilai estetika, yaitu:
  1. Nilai obyektif, merupakan nilai suatu karya animasi terletak kondisi dan kualitas fisik karya yang dapat menjelaskan secara rasional.
  2. Nilai relative, adalah nilainilai yang berhubungan dengan preferensi yang disebabkan oleh sikap, pera-saan, selera setiap individu.
  3. Nilai subyektif, merupakan nilai penafsiran atas Kenyataan oleh setiap pribadi dalam mengamati suatu karya animasi.
  4. Nilai Utilitarian, adalah nilai yang memiliki kegunaan sebagai usaha pemenuhan suatu tujuan.
Estetika Industri
Estetika dalam industri animasi merupakan suatu yang kompleks dan mengarah pada perkembangan penggayaan tertentu berdasarkan kebutuhan praktis.
Animator di lingkungan industri selalu diburu waktu dalam membuat karya animasi, karena tuntutan pemasaran/ pesanan.
Estetika Komunikasi
Segi komunikatif pada animasi harus sangat diperhatikan. Bila karya kurang komunikatif, berarti karya tersebut tidak berhasil, atau sesuatu yang diinformasikan kepada kalayak/ masyarakat (audience) tidak akan sampai.
Agar karya animasi bisa sampai ke kalayak, maka harus mem-perhatikan tentang karakter, gerakan,  cerita, dan sebagainya serta segmen yang dibidik sebagai sasaran.
JENIS – JENIS ANIMASI
Animasi dibagi dalam kategori besar, yaitu:
  1. Animasi stop-motion (stop motion Animation)
  2. AnimasiTradisional (traditional Animation 2D)
  3. Animasi Komputer (computer graphics Animation 3D)
  4. Kombinasi Animasi
Stop motion Animation
Stop-motion Animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .
Tehnik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.
Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect.
Animasi Tradisional
(Traditional Animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan.
 sumber.www.google.com