Menguasai dasar animasi stop motion (bidang datar) 3
Presentation Transcript
- 1. Memahami
etimologimultimediaMendeskripsikan tentang multimedia
- 2. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 2 Isikan Judul HalamanMacromedia FlashPada desember 1996,
Macromedia berhasilmenciptakan software berbasis animasi vector
dankemudian dirilis dengan nama Flash, yang berasaldari kata “Future” dan
“Splash” dari namaperusahaan FutureWave.
- 3. Teknologi Informasi dan Software untukqKomunikasiHal.: 3 Isikan Judul HalamanMacromedia
Flash membuat animasi yang biasanya digunakan untukberbagai keperluan di
Internet. Misalnya, untuk membuat situs,banner iklan, logo yang Flash dikembangkan dariqberanimasi, serta animasi pelengkaplainnya. suatu
aplikasi yang bernama SmartSketch.SmartSketch sendiri merupakan aplikasi
untuk menggambar yangdiluncurkan pada 1994 oleh FutureWave, bukan oleh
Macromedia.Aplikasi ini cukup sukses di tengah pasar aplikasi
menggambaryang dikuasai oleh Illustrator dan Freehand.
- 4. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 4 Isikan Judul HalamanMacromedia Pada musim panas 1995, SmartSketch
memperolehmasukan dariqFlash penggunanya agar
SmartSketch dapatdigunakan untuk membuat animasi. FutureWave
sangattertarik untuk membuat suatu aplikasi untuk membuatanimasi. Namun
FutureWave agak pesimis mengenaipemasarannya, karena pada saat itu animasi
hanyadidistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
- 5. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 5 Isikan Kemudian
World Wide Web mulaiqJudul HalamanMacromedia Flash
mengembangkansayapnya, dimana grafik dan animasi menjadi vital.Future Wave
melihat kesempatan ini untuk memasarkanaplikasi yang mampu menghasilkan
animasi dua dimensi.Kemudian SmartSketc dimodifikasi sehingga
mampumenghasilkan animasi dengan menggunakanpemrograman Java sebagai
player-nya. Namanya jugasedikit dimodifikasi menjadi Smart Sketch
Animator.Namun, nama Smart Sketch Animator dirasakan kurangmenjual, sehingga
nama tersebut diubah menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir
dicap sebagaiaplikasi pembuat kartun, Cel Animator diubah
menjadiFutureSplash Animator.
- 6. Teknologi qInformasi dan KomunikasiHal.: 6 Isikan Judul
HalamanMacromedia Flash Walaupun dengan ide yang cukup
revolusioner,FutureSplash sulit populer. Oleh karena itu
FutureWavemendekati Adobe. Namun karena demo FutureSplashyang kurang
memuaskan dengan lambatnya animasi,Adobe menolak Baru pada November 1996, Macromediaqmemproduksi FutureSplash. mendekatiFutureWave
untuk bekerja sama. FutureWave menyetujuitawaran Macromedia. Kemudian
FutureSplash Animatordiubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0.
- 7. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 7 Isikan Judul HalamanIstilah lain yang mungkin Salah satu jenis program animasi vector
yang dikembangkanØterkaitFlash Nama dagangØolehperusahaan Macromedia Inc., untuk
dig... Flash Pix file format untuk menyimpan citra multi
resolusi menjadisederetan Teknologi
FROM (programmableØrangkaian
independen. Flash EFROM Read-only Memory) yang
dikembangkanoleh Intel dan dilisensikan pada se...
- 8. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 8 Isikan Judul
KartuØHalamanIstilah lain yang
mungkin terkait Flash Cards penyimpanan citra yang ukuran
dan tampilannya serupa dengan kartukredit.
Memory chip yang tetap bisaØDipakai untuk
menyim... Flash Memory menyimpan data meskipun power
sudahdimatikan telah dimatikan. Flash mem...
- 9. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 9 Isikan Judul HalamanAdobe FlashAdobe Flash (dahulu
bernama Macromedia Flash)adalah salah satu perangkat lunak komputer
yangmerupakan produk unggulan Adobe Systems.
- 10. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 10 Isikan Judul HalamanAdobe FlashSebelum tahun 2005,
Flash dirilis oleh Macromedia.Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996
setelah Macromediamembeli program animasi vektor bernama FutureSplash.
Versiterakhir yang diluncurkan di pasaran dengan
menggunakannamaMacromedia‘ adalah adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal
3Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia danseluruh produknya,
sehingga nama Macromedia Flash berubahmenjadi Adobe Flash.
- 11. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 11 Isikan Judul HalamanKegunaan Adobe Flash digunakan untuk membuat
gambarvektor maupunqAdobe Flash Berkas yang dihasilkan dari perangkat
lunakqanimasi gambar tersebut.
inimempunyai file extension .swf dan dapat diputar dipenjelajah web
yang Flash menggunakan bahasaqtelah dipasangi Adobe FlashPlayer. pemrograman
bernamaActionScript yang muncul pertama kalinya padaFlash 5.
- 12. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 12 Isikan Judul
FutureSplashØHalamanRiwayat Flash mulai dari
tahun1996 sampai sekarang Animator (April 10, 1996)Versi flash dengan tool
editing dan timeline MacromediaØdasarFutureSplash Animator diluncurkan pada10
April 1996. Flash 1 (November 1996)Versi ulang dari FutureSplash Animator.
Dirilis Macromedia Flash 2 (June
1997)Dirilis pada Juni 1997ØpadaNovember 1996 dengan Flash
Player 2, termasuk fiturbaru, object library atau tempat penyimpanan objek
yang diimport dari luar
- 13. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 13 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai Macromedia Flash 3 (May 31,Ødari tahun1996 sampai sekarang 1998)Dirilis pada
31 Mei 1998 dengan Flash Player 3, termasukfitur-fitur baru, seperti:
movieklip elemen, JavaScript plug-interintegrasi, Macromedia Flash 4 (June 15,
1999)Dirilis pada 15 JuniØtransparansi. 1999 dengan Flash
Player 4, fitur barutermasuk: variable internal, sebuah field input,
ActionScriptyagn lebih maju, dan streaming MP3.
- 14. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 14 Isikan Judul HalamanRiwayat Macromedia Flash 5 (AugustØFlash mulai dari tahun 1996sampai sekarang 24,
2000)Dirilis pada 24 Agustus 2000 dengan Flash Player 5, fitur-fitur
barutermasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, sehingga
sangatmirip dengan JavaScript di sintaks), XML support, Smartclips
(pendahuluuntuk komponen dalam Flash), HTML tambahan format untuk Macromedia Flash MX (as version 6, releasedØteksdinamis (dynamic text) on March 15,
2002)Dirilis pada 15 maret 2002 sebagai macromedia Flash versi 6, dengan
FlashPlayer 6, termasuk fitur baru seperti: Video codec, Unicode ,
UIComponents , compression , ActionScript vector drawing APIMacromedia
Flash MX.
- 15. Teknologi Informasi dan KomunikasiHal.:
15 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari Macromedia Flash MX 2004 (as version 7,Øtahun1996 sampai sekarang released September 9,
2003)Dirilis pada 9 September 2003 sebagai macromedia Flash versi 7,
dengan FlahPlayer 7, termasuk fitur baru seperti: Actionscript 2.0 (yang
memungkinkan sebuahpemrograman yang berorientasi objek model untuk Flash)
(meskipun itu kurangdalam fungsi membantu script versi lainnya, berarti
Actionscript hanya bisamengetik secara manual), perluasan layer (JSAPI),
alias text support, timelineeffects. Macromedia Flash MX Professional 2004
termasuk semua fitur Flash MX2004, ditambah: Screens (bentuk-bentuk
non-linear berdasar dasar program yangberkembang dan slide untuk mengatur
konten dalam format slide linear sepertiPowerPoint ), web services
integration, video import wizard, komponen MediaPlayback (yang merangkum
MP3 dan atau FLV player di sebuah komponen yangdapat ditempatkan dalam
sebuah SWF), Data components (DataSet,XMLConnector, WebServicesConnector,
XUpdateResolver, etc) and data bindingAPIs, the Project Panel, v2 UI
components, and Transition class libraries.
- 16. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 16 Isikan Judul HalamanRiwayat Flash mulai dari Macromedia Flash Basic 8 (13 SeptemberØtahun1996 sampai sekarang 2005)Versi sedikit
fitur kaya versi dari perangkat authoringFlash menargetkan user baru yang
hanya inginmenggambar, animasi dan interaktif secarasederhana. Dirilis
dengan Flash Player 8, produk versiini memiliki support untuk video,
grafik tingkatadvance dan efek animasi yang terbatas.
- 17. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 17 ØIsikan Judul HalamanRiwayat
Flash mulai dari tahun1996 sampai sekarang Macromedia Flash Professional 8
(13 September 2005)Dirilis dengan Flash Player 8, Flash Professional
8menambahkan fitur yang fokus pada ekspresi, kualitas, videodan mobile
authoring. Fitur baru termasuk filters dan blendmodes, easing control
untuk animasi, penambahan propertistrokes (caps dan joins), object-based
drawing mode, run-time bitmap caching, FlashType advanced anti-aliasing
untukteks, On2 VP6 advanced video codec, support untuk alphatransparency
di video, stand-alone encoder dan advancedvideo importer, cue point
support di file FLV, advanced videoplayback component, dan interactive
mobile device emulator.
- 18. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 18 ØIsikan Judul HalamanRiwayat
Flash mulai dari tahun1996 sampai sekarang Adobe Flash CS3 Professional
(as version 9, released on April16, 2007)Flash CS3 merupakan versi pertama
flash yang dirilis dibawahnama Adobe. Sebagai versi 9 dari flash
sebelumnya dirilis padatanggal 16 April 2007. Fitur CS3 dukungan penuh
untukActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk
dikonversimenjadi ActionScript, penambahan integrasi lebih baikmenambahkan
dengan produk Adobe lainnya seperti AdobePhotoshop, dan juga menyediakan
gambar Vector yang lebih baik,menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan
Adobe Fireworks.
- 19. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 19 Isikan Judul HalamanRiwayat Adobe Flash CS4 ProfessionalØFlash mulai dari tahun1996 sampai sekarang (as
version 10, released onOctober 15, 2008)Dirilis pada 15 oktober 2008
sebagai versi 10 pada flashsebelumnya, memiliki fitur baru diantaranya:
dasar manipulasianimasi 3 dimensi, objek berbasis animasi, penyempurnaan
text,dan perkembangan lebih lanjut untuk ActionScript 3.0. Flash CS4
inimemungkinkan pengembang untuk lebih efisien dan cepatmembuat animasi
dengan banyak peningkatan fitur yang
Adobe Flash CS5 Professional (asØtidakdisertakan dalam versi sebelumnya
version 11, to be released inspring of 2010, codenamed “Viper”)Sebagai
versi 11, yang akan dirilis pada musim semi tahun 2010,dengan nama kode
“Viper” ini Berisi format teks yang lebihditingkatkan, editor kode yang
diperbaiki, dan yang lebih extensible.
- 20. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 20 Isikan Judul HalamanFitur–Fitur Adobe Flash
- 21. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 21 Isikan Judul HalamanHasil penelusuran gambaruntukFuture
Splash Animator
- 22. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 22 Isikan Judul HalamanHasil penelusuran gambaruntuk flash
1
- 23. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 23 Isikan Judul HalamanMacromedia Flash MXMacromedia Flash
MX merupakan program grafisyang diperuntukan untuk motion/gerak dan
dilengkapidengan script untuk programming (actionscript) denganprogram ini
memungkinkan pembuatan animasi, mediainteraktif, game, dsb Makromedia
sangat bagus untukmembuat animasi yang dilengkapi dengan editor
scripprogram, sehingga memungkinkananda mengembangkananimasi menjadi
sebuah program, seperti game,presentase ataupun program periklanan dengan
animasi.
- 24. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 24 Isikan Judul HalamanFungsi Uled dan AdobeUled dan adobe
juga memiliki fungsi yang hampir sama.Bisa untuk edit foto/gambar dengan
kwalitas tinggi.Hasil dari editan itu bisa dibuat animasi
denganmenggunakan uled animator atau adobe image ready ataubisa langsung
dikirim ke flas.
- 25. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 25 Isikan Judul HalamanFitur-Fitur Adobe Flash MX 2004
- 26. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 26 Isikan Judul HalamanAdobe Flash CS4 For
MultimediaAplicationSuatu konsekuensi logisdari kemajuan di bidangteknologi
informasi adalahterciptanya kemajuan bidangusaha dan para pelakuusaha.
Product Details...
- 27. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 27 Isikan Judul HalamanAdobe Flash CS 3Sekarang
Actionscript sudah mencapai versi 3,dan dikenal dengan nama Actionscript
3.0. Perbedaanantara tiap versi bisa dikategorikan cukup drastis,terutama
perbedaan antara Actionscript 2.0 sama 3.0.Versi 3.0 ini dikatakan Full
OOP.
- 28. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 28 Isikan Judul HalamanDefinisiMenurut definisi dari
Adobe, Actionscript adalah bahasa scriptpada flash yang berfungsi untuk
membuat aplikasi flash yang dapatberjalan secara nonlinear dan memiliki
fungsi-fungsi complex.Defenisi awamnya : Actionscript itu bahasa script
tambahanuntuk memodifikasi Aplikasi Flash kita agar dapat berjalan
secaradinamik, dapat berubah sesuai dengan interaksi antara si Flash danpengguna
(user).
- 29. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 29 Isikan Judul HalamanTampilan Adobe Flash CS 3Tampilan
Adobe Flash CS 3 Eye Catching abis.. Dibanding Flash 8,tampilan ini cukup
meringankan beban otak kita yang tersibukmikir cara agar aplikasi flash
kita nggak error.Di Adobe Flash CS 3 kita diberikan 2 pilihan dalam
membuatAplikasi : kita dapat menggunakan Actionscript 2.0 (AS2)
ataumenggunakan Actionscript 3.0 (AS3). Yups bebass.. Tapi akan lebihbaik
untuk memilih menggunakan AS3 walau pun untuk beberpaorang, konsep OOP
pada AS3 akan cenderung memusingkan.Namun disamping itu, pada AS3 ini
terdapat fungsi-fungsi yanglebih lengkap dalam penanganan event dan
komunikasi antaraclient dengan browser.
- 30. Teknologi Informasi dan
KomunikasiHal.: 30 Isikan Judul HalamanMembuat Efek Blur dengan AdobeFlash
CS31. Aktifkan Adobe Flash CS32. Pilih Flash Document3. Buat Tulisan
dengan Text Tool seperti gambar berikut :4. Klick Menu Insert – Timeline
Effects - Blur
-
Menguasai Dasar Animasi Stop-Motion
PENGERTIAN ESTETIKA
Estetika berasal dari kata Yunani
aesthesis yang berarti perasaan, selera perasaan atau taste.
Dalam prosesnya Munro mengatakan bahwa estetika adalah cara merespon terhadap stimuli,
terutama lewat persepsi indera, tetapi juga dikaitkan dengan proses kejiwaan,
seperti asosiasi, pemahaman, imajinasi, dan emosi.
Ilmu estetika adalah suatu ilmu
yang mempelajari segala sesu-atu yang berkaitan dengan keindah-an, mempelajari
semua aspek dari apa yang kita sebut keindahan.
Alasan Orang Ingin mengenal
Estetika
· Pertama,
karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu
berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu
sendiri.
· Kedua, ia
mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan
desain) itu begitu berharga baik untuk ke-lompoknya maupun masing-masing
anggotanya sehingga karya seni dan desain khususnya animasi itu mesti
dipelajari.
· Ketiga,
mungkin dikira bahwa pe-ngalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri
sehingga membutuh-kan pengujian dan penelitian menge-nai kualitaskualitas karya
seni dan desain itu.
Ada dua teori tentang
keindahan, yaitu :
v Subjektif
v obyektif,
Keindahan subjektif ialah
keindahan yang ada pada mata yang memandang.
Keindahan objektif me-nempatkan
keindahan pada benda yang dilihat.
Karakter animator yang sukses adalah
:
- Mempunyai kecakapan teknis.
- Mengerti akan sifat bahan
- Mengerti akan kebutuhan orang banyak
- Selalu ingin tahu
- Ketajaman melihat
- Inisiatif
- Senang dan cakap
- Kepercayaan
- Kejujuran
- Memperhatikan resiko dan mem-pertanggung-jawabkan
karyanya
- Mengumpulkan data
- Tekun
dan mengerti maksud tu-juannya.
Ada beberapa hal yang
perlu diperhatikan dalam perencanaan animasi, antara lain:
- Syarat-syarat yang
ditentukan dalam penyatuan (animator, produksi, dan pemasaran)
- Kecocokan adanya
prinsip ilmu pengetahuan dengan teknik komputer dan peralatan/mesin
produksi
- Sesuai dengan lingkungan (masyarakat setempat) atau pada
segmen tertentu.
- Kecocokan sifat animasi dari satu bagian dengan bagian lain
- Kemungkinan
hasil animasi dan cara pemecahannya.
Estetika Verbal
Estetika verbal adalah
kualitas estetik yang lahir karena adanya penggabungan antara berbagai batasan
atau alternatif dan kriteria perencanaan secara verbal. Estetik verbal
berbeda dengan estetik visual.
Bila estetik visual,
keindahan didapat dari sisi luar yang mengarah ke komposisi, sedangkan estetik
verbal merupakan keindahan dari dalam yang mengarah arti di balik tampilan
karya atau symbol atau lambang yang melekat pada sisi visual
Estetika Verbal
Estetika verbal adalah
kualitas estetik yang lahir karena adanya pengga-bungan antara berbagai batasan
atau alternatif dan kriteria perencanaan secara verbal. Estetik verbal
berbeda dengan estetik visual.
Bila estetik visual,
keindahan didapat dari sisi luar yang mengarah ke komposisi, sedangkan estetik
verbal merupakan keindahan dari dalam yang mengarah arti di balik tampilan
karya atau symbol atau lambang yang melekat pada sisi visual
Karya Animasi harus memeliki
estetika, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya :
- Kesatuan
- Keteraturan
- Keragaman
- Komunikatif
Estetika Teknologi
Estetika Teknologi adalah
kualitas estetik yang diciptakan melalui proses teknologi yang menekankan pada
pelaksanaan jalannya teknologi (mesin).
Setelah animasi menjadi karya
jadi (film), maka nilai estetika berubah dan menyatu pada karya, yang dapat
dikelompokkan menjadi empat kelompok nilai estetika, yaitu:
- Nilai obyektif, merupakan nilai suatu karya animasi
terletak kondisi dan kualitas fisik karya yang dapat menjelaskan secara
rasional.
- Nilai relative, adalah nilainilai yang berhubungan
dengan preferensi yang disebabkan oleh sikap, pera-saan, selera setiap
individu.
- Nilai subyektif, merupakan nilai penafsiran atas
Kenyataan oleh setiap pribadi dalam mengamati suatu karya animasi.
- Nilai Utilitarian, adalah nilai yang memiliki kegunaan
sebagai usaha pemenuhan suatu tujuan.
Estetika Industri
Estetika dalam industri animasi
merupakan suatu yang kompleks dan mengarah pada perkembangan penggayaan
tertentu berdasarkan kebutuhan praktis.
Animator di lingkungan industri selalu diburu
waktu dalam membuat karya animasi, karena tuntutan pemasaran/ pesanan.
Estetika Komunikasi
Segi komunikatif pada animasi
harus sangat diperhatikan. Bila karya kurang komunikatif, berarti karya
tersebut tidak berhasil, atau sesuatu yang diinformasikan kepada kalayak/
masyarakat (audience) tidak akan sampai.
Agar karya animasi bisa sampai ke
kalayak, maka harus mem-perhatikan tentang karakter, gerakan, cerita, dan
sebagainya serta segmen yang dibidik sebagai sasaran.
JENIS – JENIS
ANIMASI
Animasi dibagi dalam kategori besar, yaitu:
- Animasi stop-motion
(stop motion Animation)
- AnimasiTradisional
(traditional Animation 2D)
- Animasi
Komputer (computer graphics Animation 3D)
- Kombinasi
Animasi
Stop motion Animation
Stop-motion Animation sering pula disebut claymation
karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay
(tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .
Tehnik stop-motion animasi pertama kali
ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906; yaitu dengan menggambar ekspresi
wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, diambil gambarnya dengan still camera,
kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.
Tehnik stop-motion animasi ini sering
digunakan dalam visual effect.
Animasi Tradisional
(Traditional Animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi
yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik
animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan.
sumber.www.google.com