Blogger templates

Sabtu, 19 Oktober 2013

Animasi manga

Pengertian Anime, Animasi, Manga, Dan Otaku

apa itu anime dan manga??
mungkin istilah itu sudah tidak asing di dengar, tapi nyatanya, banyak yang belum mengetahui dan mengerti apa itu anime dan manga .

karena saya mungkin akan banyak membahas tentang anime dan manga di blog ini selain IT knowledge, jadi saya akan memberitahu apa itu istilah anime dan manga


 -Sejarah-

Dulu sejarah Anime di Jepang awalnya dibikinnya sejumlah film animasi oleh First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Lanjut adanya film pendek (cuma durasi sekitar 5 menit) karya Oten Shimokawa yang judulnya Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki tahun 1917.

Kemudian ada lagi anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, di tahun yang sama Seitaro kembali bikin anime berjudul Taro no Banpei. Tapi sayangnya semua catatan tentang anime tersebut hilang akibat gempa bumi di Tokyo pada tahun 1923.

Tidak sedikit yang orang yang pergi ke Jepang untuk belajar mengenai pembuatan anime (dan manga tentunya) karena tertarik setelah melihat berbagai anime yang telah menyebar ke berbagai pelosok dunia di berbagai benua. Adapun pihak yang membuat hasil karya yang serupa atau bahkan mungkin meniru ciri anime, misalnya Korea dan beberapa negara Asia lainnya.
Lama-kelamaan teknologi Anime makin maju dengan adanya anime yang memakai optic track (seperti yang digunakan pada masa sekarang) adalah Chikara To Onna No Yononaka (1932) karya Kenzo Masaoka yang memakai teknologi itu. Di tahun 1943 Masaoka bersama muridnya, Senoo Kosei, bikin lima episode anime berjudul Momotaro no Umiwashi (Momotaro, the Sea Eagle). Dimana anime Jepang pertama dengan durasi lebih dari 30 menit.
Teknologi CG (Computer Graphics) dan Teknologi Visual, Komputer dsb telah mempermudah pembuatan anime sekarang ini, karena itu ada yang menganggap bahwa kualitas artistiknya lebih rendah dibandingkan dengan anime masa lalu. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa kualitas gambarnya pun sekarang ini lebih nikmat dilihat dan lebih mudah dimengerti karena gambarnya lebih proporsional dan warnanya lebih bagus, ditambah keberadaan teknologi HD.

-Anime dan Animasi-

dan hal menarik kenapa saat ini Anime dibedakan dengan Animasi, padahal asal kata anime dari animasi. Yang membedakannya itu ternyata adalah kultur budaya. Seperti yang kita ketahui bersama, di Jepang ada yang namanya manga atau yang kita kenal dengan komik. Nah ini dia yang mempengaruhi perbedaannya. Kita lihat pengertian animasi dulu yuk.... supaya lebih jelas.

Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafik komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 Dimensi (3D) daripada film animasi 2 Dimensi (2D).

-Ciri Ciri dan Kriteria-
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Secara umum sebenarnya anime dan animasi atau kartun adalah sama namun pada anime ada kultur budaya yang mempengaruhi terutama komik. Perbedaan yang ada pada anime dan animasi pada umumnya adalah pada :

1. Mata, pada anime mata digambarkan besar dan terkesan agak melotot, atau kalau tidak sipit sekalian dan terkesan matanya hanya sebatas garis diwajah. Mungkin obsesi orang Jepang kali ya yang punya mata sipit trus pingin punya mata besar sehingga menumpahkan obsesi itu pada manga.

2. Rambut, so pasti harajuku style. Pelopor yang paling banyak ber-harajuku adalah Dragon Ball. Entah kenapa rambutnya kalau tidak botak pasti lancip-lancip. Bandingkan dengan animasi seperti Asterix dari Prancis atau super hero dari DC dan Marvel atau negara lainnya maka rambutnya akan terkesan biasa dan sangat sedikit penggambaran lancipnya.

-Kesimpulan-

singkatnya : anime adalah istilah sebutan untuk kartun jepang
manga adalah istilah untuk sebutan komik jepang
manga, terbagi menjadi 5 jenis, yaitu :

* kodomo (子供) adalah kategori manga khusus yang ditujukan untuk anak anak
* shōnen (少年) adalah kategori manga yang khusus ditujukan untuk remaja laki laki
* Shojo (少女) adalah kategori manga yang khusus ditujukan untuk remaja perempuan
* seinen (青年) adalah kategori manga yang khusus ditujukan untuk pria dewasa
* josei (女性) adalah kategori manga yang khusus ditijukan untuk wanita dewasa 

selain istilah itu, ada juga istilah otaku, mungkin istilah ini sudah sangat tidak asing lagi bagi para pecinta anime dan manga. otaku (おたく) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang hobi dan menekuni segala hal yang berhubungan dengan anime dan manga.

0 komentar:

Poskan Komentar