Blogger templates

Selasa, 12 Februari 2013

Harddisk komputer


Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar  yang terintegrasi.Data disimpan dalam lingkungan konsentrasi yang disebut track.Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector.untuk melakukan operasi baca tulis data ke piringan,hardisk menggunakan head untuk melakukanya,yang berbeda disetiap piringan.Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time.Setelah menemukan sector yang diinginkan,maka head akan berputar untuk mencari track.waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
Hardisk merupakan media penyimpanan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memeungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database satu instansi.Tidak hanya itu,hardisk bila dibandingkan dengan disket biasa,sangat jauh.Hal ini dijarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dengan teknologi bahan yang tertentu saja lebih baik dari pada disket biasa.bila tanpa hardisk,dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi.Hal ini tenti saja tidak efisien.Ditambah lagi waktu pembacaanya tidak efisien.ditambah lagi waktu pembacaan yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.


   A.     Jenis-Jenis Hardisk

Jenis Hardisk bermacam,macam,tergantung pada kategori yang digunakan        misalnya,berdasarkan jenis interfacenya,tingkat kecepatanya transfer data,serta kapasitas penyimpanan data.
Jenis interface yang terdapat pada hardisk bermacam-macam,yaitu ATA ( IDE,EIDE),Serial ATA(SATA),SCSI(Small  Computer System Interface),SAS,IEEE 1394,USB,Dan Fibre Channel,Jenis interface menentukan tingkat data rate atau kecepatan transfer data,misalnya,hardisk SCSI memiliki kecepatan transfer ±5 MHz,artinya mampu melakukan transfer data hingga 5 Mb perdetik.Diantara sekian kenis interface,hanya tiga jenis hardisk yang sering digunakan,yaitu IDE,SATA,Hardisk SCSI biasanya banyak digunakan pada server,workstation,dan komputer Apple Macintosh mulai pertengahan 1990-an hingga sekarang,Sedangakan hardisk yang banyak digunakan pada komputer personal (PC) adalan jenis SATA.


ATA
AT Attachment (ATA) adalah antar muka standar untuk menghubungkan piranti penyimpanan seperti hardisk,Drive  CD-ROM,atau DVD-ROM di komputer.ATA singkatan dari Advance Technology Attachment.Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13.ATA juga memiliki beberapa nama lain,seperti IDE dan ATAPI.Karena diperkenalkanya versi terbaru dari ATA yang bernama Serial ATA,versi ATA ini kemudian dinamai Parallel ATA(PATA) untuk membedakannya dengan versi Serial ATA yang baru.


Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal  hanya 18 inchi(46cm) walaupun banyak juga produk yang tersedia dipasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi(91 cm).Karena jaraknya pendek,Pata hanya cocok digunakan didalam komputer saja.PATAnsangat murah dan lazim ditemui dikomputer.
Nama standar ini awalnya adalah PC/AT Attachment.fitur utamanya adalah  bisa mengakomodasikan koneksi langsung ke ISA BUS 16-bit sehingga dinamai AT Bus.Nama ini kemudian disingkat menjadi AT Attachment untuk mengatasi masalah hak cipta.


SATA
SATA adalah pengembangan dari ATA.SATA didenefisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total.Adapter dari serial /ata mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana.
Antar muka /sata generasi pertama dikenal dengan nama SATA/150 atau sering juga disebut sebagai SATA 1.SATA 1 berkomunikasi dengan kecepatan 1,5 Gb/s.
Kecepatan transfer uncoded-nya adalah 1,2 Gb/s.SATA/150 memiliki kecepatan yang hampir sama dengan PATA/153,namun versi terbaru SATA memiliki banyak kelebihan(misal nya native command queuing),yang menyebabkannya memiliki kecepatan lebih dan kemampuan untuk melakukan bekerja dilingkungan multitask.



Di awal periode SATA/150,para pembuat adapter dan drive menggunakan bridge chip untuk mengonversi desain yang ada dengan antarmuka PATA. Peranti bridge memiliki konektor /sata dan memiliki beberapa konektor daya.Secara oerlahan-lahan,produk bridge mengakomodasi native SATA.saat ini kecepatan /sata adalah 3GB/s dan para ahli sekarang sedang mendesain teknologi untuk SATA 6GB/s.
Fitur-fitur SATA adalah :
-          SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.
-          SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
-          Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS,namun disk SAS tidak bisa ditancapkan kekontroler SATA.
Kabel power dan kabel SATA mengalami perubahan yang cukup sinifikan dibandandingkan kabel power parallel ATA.kabel data SATA menggunakan 7 konduktor di mana 4 diantaranya adalah line aktip untuk data.oleh karena bentuknya lebih kecil,kabel SATA lebih mudah digunakan diruangan yang lebih sempit dan lebih efisien untuk pendinginan.
SCSI
SCSI (Small Computer System Interface)dibaca”skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya.Standar SCSI mendefenisikan perintah-perintah,protokol,protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan.SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi diantara standar yang lainnya.
Penggunaan SCSI paling banyak terdapat dihardisk dan tape drive.Namun,SCSI juga terdapat pada scanner,printer,dan piranti optik(DVD,CD,dan lainya).Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independen sehingga secara teoritis SCSI bisa diterapkan disemua tipe hardware.
Berdasarkan tingkat kecepatan putarannya,hardisk jenis Ide memiliki kecepatan putaran 5.400 rpm dan 72.000 rpm.Sedangkan hardisk SCSI mampu berputar antara 10.000 s.d 12.000 rpm.
Tingkat kecepatan putaran piringan hardisk diukur dalam satuan RPM(rotation per minute/putaran permenit).
Beberapa merek hardisj yang banyak digunakan antara lain Western Digital(WDC),Quantum,Seagate,Maxtor,Samsung,IBM,Toshiba,dan Hitachi.



0 komentar:

Posting Komentar